GORONTALOGORONTALO UTARAHEADLINES

Bupati Indra Minta Semua Data Terpusat Di Kominfo

GORUT, mediasulutgo.com – Bupati Gorontalo Utara (Gorut) Indra Yasin meminta kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dapat memasukkan data – data yang akurat ke Dinas Kominfo, untuk mengantisipasi perbedaan data antara satu dengan yang lainnya.

Hal itu disampaikan, saat membuka sosialisasi tata kelola data sektoral di ruang Ceria Media Center (CMC) Dinas Kominfo Gorut, Senin (30/11/2020).

“Artinya, data yang diberikan itu data akurat dan seragam. Sehingga nantinya tidak akan membingungkan ketika dipublish, bahwa data di dinas satu dengan yang lain berbeda,” ungkap Indra Yasin.

Menurutnya, keberadaan data sangat penting dalam menunjang pemerintahan dan pembangunan, serta sebagai wadah komunikasi untuk seluruh stakeholder terkait guna menyatukan persepsi, baik mengenai konsep, maupun defenisi data.

“Sehingga itu, semua data dari OPD itu perlu disatukan data menjadi sentral, data terpusat di Dinas Kominfo,” kata Bupati dua periode itu.

Disisi lain tujuannya, adalah mewujudkan koordinasi dan sinkronisasi yang berkesinambungan, sinergitas dan terintegrasi antara kebutuhan data di lingkup OPD.

“Oleh sebab itu, perlu ada informasi dan koordinasi ketika terjadi mutasi data atau perubahan data. Dan tentu pada saat pengambilan keputusan, datanya harus akurat dan tidak boleh berbeda,” terangnya.

Apalagi kata Indra, soal update dan singkronisasi data ini, memang sering terjadi perubahan disetiap saat. Misalnya, pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Tentu setiap saat ada penduduk yang mengalami perubahan data.

“Misalnya, data pindah, masuk, meninggal dan lain sebagainya. Maka mutasi data sangat penting bagi pemilik data dan segera memasukkan ke Kominfo, sehingga data benar-benar akurat,” tutup Indra Yasin.(Srm)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button