GORONTALOGORONTALO UTARAHEADLINES

Ridwan Yasin Harap Puskesmas Jadi Ujung Tombak Pelayanan Kesehatan Masyarakat

GORUT, mediasulutgo.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Gorontalo Utara (Gorut) Ridwan Yasin, mengatakan, Puskesmas memiliki tanggung jawab penuh dalam rangka meningkatkan status kesehatan masyarakat secara optimal.

Menurutnya Puskesmas sebagian besar menangani masalah keluhan kesehatan maupun penyakit. Disisi lain juga Puskesmas dapat dijadikan sebagai tolak ukur untuk meningkatkan kemajuan pelayanan kesehatan di daerah.

“Jadi pelayanan kesehatan di daerah ini kalau dia baik, maka ukurannya ada pada setiap puskesmas. Karena masyarakat lebih banyak berobat ke Puskesmas,” ungkap Ridwan Yasin, saat memberikan materi pada kegiatan Workshop Peningkatan Kapasitas Penanggung Jawab dan Tim Mutu Reakreditasi Puskesmas tingkat Kabupaten Gorut, di Hotel Sintesa Peninzula Manado, Kamis (19/11/2020).

Lebih lanjut kata Sekda millenila itu, untuk mendukung pelayanan prima diperlukan kerjasama yang berdedikasi tinggi serta membangun keharmonisan.

“Nah, sehingga ini membutuhkan dukungan dan komitmen para pengambil kebijakan,” ujar Ridwan.

Bahkan menurutnya, di penghujung tahun 2020 ini, sejumlah anggaran di gelontorkan ke Dinas Kesehatan yang diperuntukan bagi pembangunan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL).

“Jadi sebanyak 10 IPAL yang kami dibangun. Padahal pada saat anggaran APBD Induk sampe APBD pun tidak ada. Tapi begitu kami dapatkan pada bulan Oktober kami langsung minta kepada Bappeda segera memprioritaskan Dinas Kesehatan khususnya pembenahan berbagai fasilitas,” ujarnya.

Lanjut Ridwan, tak hanya sarana penunjang yang menjadi prioritas, akan tetapi sampai kepada tingkat kesejahteraan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Mudah – mudahan di tahun 2021 kita mendapatkan anggaran yang cukup. Maka tentunnya sebagai fasilitas sebagai pendukung pelayanan di puskesmas tentunya mendapatkan prioritas. Demikian juga SDM-nya, perlu diperhatikan masalah kesehjahteraanya. Saya sudah sampaikan kepada Tim TAPD agar selalu memprioritaskan masalah pendidikan maupun kesehatan,” tutupnya.(Srm)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close