GORONTALOGORONTALO UTARAHEADLINES

15 Puskesmas di Gorut Ikut Workshop PPI

GORUT, mediasulutgo.com – 15 utusan masing – masing Puskesmas di Kabupatem Gorontalo Utara (Gorut) mengikuti Workshop Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI), Akreditasi Puskesmas.

Acara dibuka langsung oleh Bupati Gorut, Indra Yasin, turut didampingi Wakil Ketua DPRD, Roni Imran, Kadis Kesehatan, Rizal Yusuf Kune, Ketua TIM Penggerak PKK Gorut, bertempat di Hotel Sintesa Peninsula Manado, Rabu (18/11/2020).

Pada kesempatan itu Indra Yasin mengatakan, puskesmas adalah sebagai salah satu sarana kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Puskesmas tentunya memiliki peran besar dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Sehingga puskesmas dituntut untuk dapat memberikan pelayanan yang bermutu sesuai dengan standar yang sudah ditentukan,” kata Indra Yasin.

Apalagi kata kata Indra Yasin, Daerah kita belum lama ini sudah mendeklarasikan sebagai Kabupaten Sehat, dan juga Kabupaten ASI. Sehingga ini perlu dijamin tingkat kepatuhan dalam pelayanan kepada masyarakat.

“Ini semua upaya – upaya kita untuk mencegah mengendalikan infeksi. Apalagi sebagai Kabupaten sehat maka syaratnya banyak, seperti kebersihan, termasuk tingkat kenyamanan lingkungan kita. Karena biasanya munculnya infeksi itu mulai dari kondisi lingkungan kita yang tidak nyaman,” ujarnya.

Olehnya untuk memastikan adanya infeksi terkait kesehatan, maka perlu menyusun strategi pencegahan dan pengendalian infeksi, khususnya melakukan pendataan yang akurat terhadap berbagai macam penyakit yang ada.

“Sehingga kepada seluruh Puskesmas untuk melakukan pendataan terhadap penyakit apa saja yang ada di daerah ini.
Mengingat PPI ini sangat penting. Apalagi kalau berbicara soal infeksi tentu ada kaitannya dengan penyakit,” tutup Bupati dua periode itu.(Srm)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button