BOLMONG RAYABOLMUTHEADLINESPOLITIKSULUT

Presiden RI melalui Bupati Bolmut menyerahkan 818 Sertipikat Tanah ke Masyarakat

MEDIASULUTGO.COM, BOLMUT – Pemerintah Republik Indonesia melaksanakan Penyerahan Sertipikat Tanah se-Indonesia oleh Presiden RI Jokowi Dodo kembali menyerahkan sertipikat tanah kepada masyarakat dalam jumlah yang cukup besar. 1 juta sertifikat dibagikan di 31 Provinsi dan 201 Kabupaten/kota. Pembagian sertipikat tanah dilakukan secara virtual.

“Hari ini satu juta sertipikat tanah pada masyarakat di 31 provinsi dan 201 kabupaten dan kota. Hari ini satu juta. Satu juta sertipikat adalah jumlah yang sangat besar sekali,” kata Jokowi dalam acara penyerahan sertipikat tanah untuk rakyat se-Indonesia, Senin (9/11/2020).

Selain itu, sebanyak 818 Sertipikat untuk Masyarakat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) juga diserahkan secara simbolis oleh Bupati Bolmut Drs Hi Depri Pontoh.

Dihadiri oleh, Wakil Bupati Bolmut Drs Hi Amin Lasena MAP, Ketua DPRD Bolmut Frangky Chendra, Kapolres Bolmut, Kejari Bolmut, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Bolmut Dr. Hidayat Panigoro, M.Si serta Forkopimda dan 30 perwakilan penerima sertifikat di Auditorium Pohohimbunga Kantor Bupati Bolmut.

Dalam sambutannya Bupati Bolmut Depri Pontoh mengatakan bahwa sertipikat ini merupakan sebuah kepastian hukum atas kepemilikan tanah masyarakat dan mencegah sengketa.

“Berkaitan masalah kepemilikan tanah di Kabupaten Bolmut, sertipikat tanah yang ada ini sudah di teliti dengan baik, karena masalah kepemilikan tanah adalah masalah yang luar biasa,“ungkap Depri.

Bupati Depri, juga mengucapkan terima kasih kepada pihak Kementerian ATR/BPN Kabupaten Bolmut yang telah melaksanakan kegiatan tersebut.

Sebelumnya, Kepala ATR/BPN Kabupaten Bolmut Eni Sulastri Darmayanti, S.SIT, M.Si mengungkapkan bahwa penyerahan sertipikat secara langsung oleh kepala daerah ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kepastian hukum. Yang telah selesai dan diserahkan sebanyak 818 sertipikat tanah.

Penyerahan sertipikat itu, diserahkan kepada 30 penerimaan sertipikat dari 2 desa, Yakni desa Sonuo sebanyak 10 sertifikat dan Desa Talaga Tomoagu sebanyak 20 sertipikat.

“Target sertipikat PTSL tahun 2020 adalah 1.650 bidang yang terletak di 6 desa, yakni desa Sonuo, Jamsarang, Talaga Tomoagu, Dalapuli, Dalapuli Timur dan Desa Tuntung Timur. Sebenarnya, target sertifikat PTSL tahun 2020 sebanyak 2.500 bidang, tetapi karena Pandemi Covid-19, menjadi 950 bidang dan mendapat ketambahan lagi 700 sertipikat, jadi total PTSL tahun ini ada 1.650 bidang,” jelasnya.

(Dolvin Rivai)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button