GORONTALOGORONTALO UTARAHEADLINES

Ridwan Yasin: Penginputan RKA 2021 ke SIPD Tinggal Menunggu SSH dan ASB

GORUT, mediasulutgo.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Gorontalo Utara (Gorut) Ridwan Yasin mengatakan, proses penginputan Rencana Kerja Anggaran (RKA) di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) 2021 mendatang harus diterapkan kedalam Sistim Informasi Perangkat Daerah (SIPD).

Hal itu disampaikan pada lanjutan rapat pembahasan Rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD Gorut Tahun 2021 di Ruang Sidang Kantor DPRD Gorut, Senin (02/11/2020).

“Jadi ini salah satu mendukung kebijakan pemerintah pusat. Sehingga kedepan kami siap menerapkan SIPD terkait penginputan RKA APBD tahun 2021. Jika itu sudah ada, maka penginputannya tidak akan mendapatkan masalah, karena memang semua OPD sudah siap,” ungkap Ridwan.

Ia mengatakan, salah satu tahap pelaksanaan perencanaan dalam mengelola keuangan adalah menyusun RKA, yang bertujuan untuk merencanakan penganggaran kebutuhan dari berbagai program dan kegiatan dari masing – masing OPD.

“Jadi tinggal menunggu Standar Satuan Harga (SSH) dan Analisa Standar Belanja (ASB). Bahkan, pasca sinkronisasi serta integrasi perencanaan keuangan ke SIPD, akhir Oktober kemarin itu seluruh OPD sudah menyelesaikan penginputan khusus RKPD dan beberapa dokumen lain yang wajib diinput di SIPD,” ujarnya.

Menurut Sekda millenial itu, RKA merupakan dokumen perencanaan dan penganggaran yang berisi program dan kegiatan OPD yang merupakan penjabaran dari Rencana Kerja pemerintah daerah dan rencana strategis OPD.

“Jadi terkait dengan hal itu, saya meminta agar tetap ada masukan – masukan dari lembaga DPRD juga. Bahkan semuanya kami kembalikan ke Badan Anggaran (Banggar), apa yang harus dilakukan ke depan,” tutup Panglima ASN itu.(Srm)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button