GORONTALOGORONTALO UTARAHEADLINES

Penguatan PPRG, Ridwan Yasin: Penganggaran Harus Responsif Gender

GORUT, mediasulutgo.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) Ridwan Yasin, memberikan penguatan terhadap peserta Bimtek dalam mengikuti Pelatihan Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) Tahun 2020, yang berlangsung di Hotel Sintesa Peninsula Manado, Jum”at (16/10/2020).

Pada kesempatan itu dirinya menekankan bahwa PUG di Daerah dituntut harus lebih konkrit dan terintegrasi dalam mekanisme perencanaan, khususnya penganggaran yang di dalam pelaksanaannya di motori oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Penganggaran 2021 diharapkan setiap program kegiatan harus responsif Gender. Sehingga OPD harus benar – benar memperhatikan keseimbangan antara peran perempuan dan laki – laki, baik itu dalam tataran program kegiatan. Misalnya dibidang pertanian harus memberikan fungsi yang besar terhadap perempuan sesuai dengan ruang yang diberikan,” ungkapnya.

Apalagai menurut Panglima ASN itu, bahwa Gender merupakan salah satu faktor utama dalam mendukung program Pemerintah Daerah (Pemda), khususnya pada sektor pembangunan, dan Sumber Daya Manusia (SDM).

Sehingga menurutnya, salah satu kunci keberhasilan pelaksanaan PUG di Daerah adalah dengan adanya pelaksanaan PPRG yang selaras dengan kebijakan serta program pemerintah daerah.

“Jadi pada penganggaran responsif Gender ini diharapkan benar – benar terwujud, dan ini merupakan Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati, dan juga Program Pemerintah Pusat. Nah, sehingga Gorut tahun 2021 dalam penganggarannya benar – benar berbasis dan memperhatikan kesetaraan antara posisi laki dan perempuan,” ujarnya

Lebih jauh Ridwan menjelaskan salah satu kunci keberhasilan pelaksanaan PUG di Daerah, melalui pelaksanaan PPRG ini mampu membackup program – program Daerah. Sehingga kata Ridwan komitmen dan keseriusan Pemda dalam pelaksanaan PUG dapat dilihat dari rencana kebijakan dan anggaran yang responsif.

“Saya berharap kepada seluruh peserta bimtek ini, harus mampu menyelesaikan seluruh rangkaian kegiatan yang memiliki perencanaan yang sifatnya strategis dan matang,” tutup Sekda millenial itu.(Srm)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button