GORONTALOHEADLINESKAB. GORONTALOSOSIAL BUDAYA

Pemkab Gorontalo Matangkan Persiapan Festival Kelapa Nasional

LIMBOTO, mediasulutgo.com — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo mulai mematangkan persiapan festival Kelapa Nasional yang akan diselenggarakan di Kabupaten Gorontalo. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gorontalo, Rahmat Pomalingo mengatakan, sebelumnya kegiatan ini merupakan Festival Internasional, akan tetapi mengingat saat ini dunia sedang dilanda pandemi covid-19, maka kegiatan internasional ini beralih menjadi kegiatan nasional.

Berdasarkan jadwal yang ada, bulan ini merupakan giliran Gorontalo yang melaksanakan kegiatan ini. Mengingat saat ini masih pandemi covid, mengakibatkan beberapa poin kegiatan yang ditiadakan.

Salah satu poin yang dihilangkan adalah seminar. Seminar yang biasanya dilaksanakan secara tatap muka itu, kali ini dilakukan secara virtual.

“Sebenarnya kegiatan ini merupakan Festival Internasional. Cuma karena pandemi saat ini maka menjadi kegiatan nasional. Sesuai jadwal itu, Gorontalo bulan ini itu melaksanakan kegiatan Kelapa Internasional. Ada juga beberapa hal yang kita rampingkan untuk kegiatan ini” ungkap Rahmat usai memimpin rapat persiapan kegiatan Festival Kelapa Nasional di Dinas Pertanian Kabupaten Gorontalo siang ini.

Dalam festival itu juga, akan diadakan pameran bonsai kelapa. Sesuai data yang ada saat ini, lanjut Rahmat, Gorontalo merupakan daerah yang paling banyak tanaman bonsai kepala dibandingkan daerah lain di Indonesia.

“Setelah kami identifikasi, yang paling banyak tanaman bonsai kelapa itu di Gorontalo” kata Rahmat.

Lebih lanjut kata Rahmat, mengingat kegiatan ini merupakan taraf nasional, maka pihaknya akan memperketat penerapan protokol kesehatan pada Festival Kelapa Nasional tersebut.

Rahmat mengakui, kegiatan ini sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat Gorontalo pada umumnya. Bahkan sampai saat ini, sudah ada beberapa orang yang mendaftar untuk mengikuti kegiatan tersebut.

“Protokol kesehatan ini merupakan hal yang sangat penting untuk kita perhatikan. Saya juga melihat antusias masyarakat pada kegiatan ini sangat luar biasa. Kita baru rapat saja, sudah ada yang mendaftar” tutur Rahmat.

Rahmat juga juga menyampaikan, Festival Kelapa Nasional ini bukan merupakan kegiatan biasa. Dalam Festival ini, masyarakat akan dibebaskan untuk memperlihatkan kelapa mereka sambil juga mereka menjual kelapa itu. Dengan begitu, maka orang-orang dari seluruh daerah bisa tau kualitas yang dimilki kelapa dari Gorontalo

Untuk diketahui, kegiatan Festival Kelapa Nasional ini akan dilaksanakan di Taman Budaya Limboto, Kabupaten Gorontalo dalam waktu dekat ini.

“Acaranya kita buat sederhana, tidak perlu ada tenda besar. Jadi areanya akan terbuka dan lebih kelihatan lebih segar juga” pungkasnya. (Iyal)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button