GORONTALOHEADLINESKAB. GORONTALO

Disdukcapil Kabupaten Gorontalo Tergetkan Peningkatan Pelayanan Publik

LIMBOTO, mediasulutgo.com Dalam rangka memberikan kenyamanan dan kepuasan masyarakat, Dinas Kependudukan dan Catatal Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Gorontalo (Kabgor) menargetkan peningkatan pelayanan melalui Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIPP).

Sejalan dengan hal tersebut, tim evaluator Provinsi Gorontalo mendatangi Disdukcapil Kabgor, guna mengecek dan melakukan penilaian terhadap setiap sarana dan prasarana yang ada ditempat tersebut.

Di Kabupaten Gorontalo sendiri, penilaian ini dilakukan ditiga tempat berbeda, yang memang berfokus pada pelayanan masyarakat. Tiga tempat tersebut yakni, Disdukcapil, PM PTSP dan RSUD. Untuk RSUD sendiri belum dilakukan penilaian, dikarenakan tempat tersebut rawan akan penyebaran virus corona.

“Tim evaluator dari Provinsi datang untuk melakukan penilaian terhadap pelayanan yang ada di Disdukcapil Kabupaten Gorontalo. Penilaian ini dilakukan di 3 tempat, yakni Disdukcapil, PM PTSP, dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)” ungkap Muhtar Nuna, selaku Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gorontalo saat diwawancarai. Jum’at (11/09/2020).

Pada kesempatan itu, Tim Evaluator Provinsi Gorontalo memberikan kuisioner kepada Disdukcapil, yang kemudian akan diisi sebagai bahan evaluasi. Adapaun yang menjadi penilaian dalam kuisioner tersebut adalah, kebijakan pelanayan, profesionalisme SDM, sarana dan prasarana, konsultasi pengaduan, dan inofasi.

Muhtar juga mengatakan, berdasarkan hasil penilaian, sudah terjadi peningkatan daripada tahun sebelumnya. Beberapa sarana sudah diperbaiki, salah satunya adalah tempat parkir yang ditata dengan baik, serta beberapa tempat lainnya.

Meskipun tahun sebelumnya Disdukcapil hanya meraih nilai B+, ditahun ini ia menargetkan tempatnya bisa mendapat nilai yang lebih, yakni A.

“Berdasarkan penyampaian pihak evaluator, nilai kami sudah lebih baik dari tahun kemarin. Sudah ada sarana penunjang yang kita perbaiki. Tahun kemarin itu nilai kita B+, kita berupaya nilai kita bisa mencapai A” terang Muhtar.

Agar segala hal yang berhubungan dengan palayanan dapat terus ditingkatkan, pihaknya membuat sebuah maklumat yang menjadi pendorong agar peningkatan pelayanan ini tidak hanya sekedar wacana.

“Isi maklumatnya itu adalah, Dengan ini, kami menyatakan sanggup menyelenggarakan pelayanan sesuai standar pelayanan yang telah ditetapkan, dan apabila dalam penyelenggara pelayanan kami tidak sesuai dengan standar pelayanan yang telah ditetapkan, kami bersedia menerima sanksi sesuai ketentutan perundang-undangan yang berlaku” tutupnya. (Iyal)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button