ADVETORIALGORONTALOHEADLINESKAB. GORONTALO

Evaluasi SAKIP, Sekda Kabgor: Nilai SAKIP OPD Sudah Maksimal

LIMBOTO, mediasulutgo.comSekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo (Kabgor), Hadijah U Tayeb, melakukan evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). Menurutnya, nilai SAKIP dari setiap OPD di Kabgor sudah maksimal.

“Jadi hari ini kita melakukan evaluasi SAKIP, dan memang kalau kita melihat, nilai-nilai dari SAKIP OPD itu sudah maksimal dan bagus nilainya” Ungkap Hadijah usai memimpin rapat evaluasi SAKIP di Ruang Madani Kantor Bupati Gorontalo siang ini. Rabu (08/07/2020).

Ia juga mengatakan, berdasarkan laporan hasil evaluasi yang dilakukan oleh Inspektorat terhadap SAKIP OPD juga sudah bagus.

Meskipun hasil SAKIP setiap OPD sudah bagus, tetapi Hadijah mengakui bahwa Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) mengalami penurunan. Hal ini kata Hadijah, diduga karena ada data yang tidak masuk ke Kabupaten yang menyebabkan nilai LAKIP Kabupaten menurun.

“Tetapi waktu penilaian LAKIP Kabupaten mengalami penurunan angka, dalam artian ada nilai-nilai dari OPD yang belum maksimal. Pada saat ini kita mensinkronkan antara nilai yang masuk di Kabupaten, mungkin ada data yang tidak masuk ke Kabupaten, sehingga menyebabkan nilai LAKIP Kabupaten rendah” Terang Hadijah

Saat ini pihaknya tengah melakukan pensingkronan data. Dengan begitu nilai LAKIP Kabupaten bisa naik menjadi BB.

Lebih lanjut, Hadijah menargetkan nilai SAKIP dari OPD dan LAKIP Kabupaten bisa mencapai BB. Hal tersebut dapat tercapai jika dibuka ruang untuk melakukan komunikasi yang sampao dengan hari ini terus dilakukan.

“Kita punya target BB. Semoga ini bisa dicapai, cuma memang harus ada ruang untuk mengkomunikasikan ini” Pungkasnya. (Iyal)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button