Scroll keatas untuk lihat konten
BOLMONG RAYABOLMUTHEADLINESKESEHATANSULUT

Wabup Amin Buka Seminar Antara RISPAL Kabupaten Bolmut Tahun 2021

×

Wabup Amin Buka Seminar Antara RISPAL Kabupaten Bolmut Tahun 2021

Sebarkan artikel ini

BOLMUT, mediasulutgo.com – Wakil Bupati (Wabup) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Drs. Hi. Amin Lasena M.AP membuka secara resmi kegiatan Seminar Antara Rencana Induk Sistem Pengelolaan Air Limbah (RISPAL) Kabupaten Bolmut tahun 2021, bertempat di RM Laviesta, Desa Kuala utara, Kecamatan Kaidipang, (30/11/2021).

Dalam sambutannya, Wabup Bolmut menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Bolmut saat ini sedang gencar melaksanakan program penyehatan lingkungan permukiman yang berkelanjutan dan peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

“Untuk itu perlu di lakukan rencana induk sistem pengelolaan air limbah yang menghasilkan ramah lingkungan,” ujar Amin Lasena.

Lebih lanjut, Wabup mengatakan bahwa akses penduduk terhadap masyarakat terhadap prasarana dan sarana air limbah pemukiman erat kaitannya dengan aspek kesehatan, lingkungan hidup, pendidikan sosial budaya serta kemiskinan.

“Kawasan permukiman selayaknya dilengkapi dengan sarana dan prasarana sistem pengelolaan air limbah yang layak, karena dengan tidak memadainya prasaran sistem pengelolaan air limbah yang permukiman,” ungkapnya.

Menurutnya, kondisi saat ini pengelolaan air limbah terpusat di Bolmut sudah berada di beberapa desa saja dengan cakupan pelayanan yang masih rendah. Hal ini menunjukan tanggung jawab besar pemerintah untuk mencapai seratus persen akses sanitasi layak pada tahun 2022 seperti yang ditargetkan pada level kebijakan nasional.

“Kontribusi masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya perlu dioptimalkan, peningkatkan peran masyarakat dapat dilakukan setidaknya dalam bentuk pemeliharaan infrastrukur air limbah yang telah terbangun,” harapnya.

Hal ini, kata Wabup, sejalan dengan amanat UU No. 32 tahun 2004 tentang pemerintah daerah, dimana pemerintah lebih berperan sebagai regulator dan fasilitator terkait dengan tugas tugasnya dalam pengaturan, pembinaan dan pengawasan pembangunan sanitasi lingkungan permukiman.

Turut Hadir, Asisten Bidang Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat Rachmat R Pontoh SH, M.Si, Tim Leder CV. Tehnik Konsultan Gorontalo Ir. Iwan Gunawan MT, Kepala Dinas PUPR Bolmut Rudini Masuara ST, dan Para Camat. (Dolvin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *